MEKANISME PELAPORAN MELALUI FORPELING
Laporan Pengelolaan Lingkungan

MEKANISME PELAPORAN MELALUI FORPELING

PENGERTIAN LAPORAN PELAKSANAAN PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN LINGKUNGAN

Pelaporan pelaksanaan RKL dan RPL merupakan laporan yang berisikan informasi mengenai pelaksanaan upaya penanganan dampak terhadap lingkungan hidup yang ditimbulkan akibat dari usaha dan/ atau kegiatan serta pelaksanaan upaya pemantauan komponen lingkungan hidup yang terkena dampak akibat dari usaha dan/ atau kegiatan yang menjadi tanggungjawabnya.

URGENSI PENYAMPAIAN LAPORAN PELAKSANAAN PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN LINGKUNGAN

Pelaporan pelaksanaan RKL dan RPL merupakan wujud tanggung jawab pemrakarsa untuk memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup atas usaha dan/ atau kegiatan yang menjadi tanggungjawabnya, serta memenuhi hak setiap orang untuk mendapatkan informasi lingkungan hidup dan berperan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

SIAPA YANG WAJIB MENYAMPAIKAN LAPORAN?

Laporan pelaksanaan RKL dan RPL wajib disusun dan disampaikan oleh setiap penangungjawab usaha dan/atau kegiatan yang memiliki dokumen lingkungan setingkat AMDAL (AMDAL, DELH, DPL) dan UKL-UPL (UKL_UPL, DPLH).

KEPADA SIAPA LAPORAN DISAMPAIKAN?

Laporan pelaksanaan RKL dan RPL wajib disampaikan kepada instansi yang membidangi usaha dan atau kegiatan yang bersangkutan, instansi yang ditugasi mengelola lingkungan hidup di Pusat, Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

Laporan disampaikan dalam bentuk buku laporan dan/atau file elektronik yang dikirimkan ke instansi lingkungan hidup.

FREKUENSI PELAPORAN

Penyampaian laporan pelaksanaan RKL dan RPL dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup. Oleh sebab itu, pemrakarsa wajib memperhatikan ketentuan-ketentuan yang ada di dalam Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup tersebut. Dalam hal frekuensi pelaporan tidak ditetapkan dalam Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup, maka pelaporan dilakukan setiap 6 (enam) bulan sekali.

SISTEMATIKA LAPORAN PELAKSANAAN PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN LINGKUNGAN

Laporan pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan mengacu pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 45 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Pelaksanaan Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) Dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL). setidaknya memuat uraian sebagai berikut:

SURAT PENGANTAR LAPORAN

Surat pengantar ditandatangani oleh pimpinan usaha/kegiatan dan ditujukan ke Bupati Dharmasraya cq. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya.

BAB I PENDAHULUAN

A. Identitas Perusahaan

B. Lokasi Usaha dan/atau Kegiatan

C. Deskripsi Kegiatan

D. Perkembangan Lingkungan Sekitar

BAB II PELAKSANAAN DAN EVALUASI

A. Pelaksanaan

B. Evaluasi

BAB III KESIMPULAN

LAMPIRAN

1. Salinan/soft file Persetujuan Lingkungan atau SK Izin Lingkungan/Pengesahan Dokumen Lingkungan;

2. Salinan/soft file Persetujuan Teknis atau izin PPLH

3. Salinan/soft file Lembar Hasil Uji (LHU) pemantauan Lingkungan di laboratorium;

4. Salinan/soft file logbook dan manifest limbah B3;

5. Hal lain yang dirasa perlu.

BELUM BISA MENYUSUN LAPORAN?

Bagi penanggungjawab usaha/kegiatan yang belum pernah dan belum bisa menyusun laporan pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan, DLH Kab. Dharmasraya telah menyusun FORMULIR LAPORAN PELAKSANAAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN (FORPELING) yang akan memudahkan pemrakarsa dalam menyusun laporan.

FORPELING terdiri dari dua dokumen, yakni microsoft word sebagai basis pembuatan laporan, dan microsoft excel sebagai basis pembuatan grafik dalam melakukan analisis (evalusi kecenderungan).

SILAHKAN DOWNLOAD PANDUAN DOKUMEN FORPELING BERIKUT:

SURAT PENGANTAR LAPORAN

FORMULIR LAPORAN PELAKSANAAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN

GRAFIK EVALUSI KECENDRUNGAN

INGIN MENYAMPAIKAN LAPORAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN SECARA FILE DIGITAL?

Bagi penanggungjawab usaha/kegiatan yang ingin menyampaikan laporan pelaksanaan pengelolaan lingkungan berupa file digital ke DLH Kab. Dharmasraya, silahkan gabungkan seluruh laporan (Surat Pengantar, Bab I sampai Bab III Laporan dan Lampiran Laporan) ke dalam format pdf dan upload pada link berikut.

SILAHKAN UPLOAD LAPORAN PELAKSANAAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN PADA LINK BERIKUT:

UPLOAD DOKUMEN FORPELING

Atau klik

https://bit.ly/UploadLaporanPengelolaanLingkunganHidup

Share Pelayanan

Komentar Pelayanan